Flash

Flash adalah suatu perangkat lunak (software) yang digunakan untuk membuat suatu animasi. Tidak mudah untuk mempelajari flash, selain diperlukan imajinasi juga diperlukan suatu pemahaman mengenai SCRIPT. Kehandalah flash dibandingkan dengan program yang lain adalah dalam hal ukuran file dari hasil animasinya yang kecil. Untuk itu animasi yang dihasilkan oleh program flash banyak digunakan untuk membuat sebuah web agar menjadi tampil lebih interaktif.

Toolbar

Toolbar berisi kumpulan tool yang digunakan untuk membuat dan memilih isi di dalam Timeline dan Stage. Toolbar terbagi menjadi tool dan modifier. Setiap tool memiliki ukuran Modifier tertentu yang ditampilkan ketika kita memilih tool tersebut. Sebagai contoh, jika kita memilih Text tool maka modifier seperti huruf, ukuran huruf, warna huruf dapat kita atur.

Timeline

Jika anda membayangkan movie Flash sebagai sebuah buku, Timeline merupakan tabel interaktif dari isinya. Setiap adegan seperti sebuah bab, setiap frame seperti halaman. Imajinasikan bahwa anda mendapatkan poin sampai bab 10 pada tabel isinya, dan buku akan membalik ke halaman pertama dari bab ini. Pada Flash, ketika anda meng-klik sebuah frame pada Timeline (atau ketika play-head memasuki kerangka), frame itu muncul pada dokumen anda. Timeline adalah organisasi dan pengaturan tool yang besar dan kompleks. Anda akan menggunakan keuntunngannya ketika anda membuat animasi. Kemudian anda akan perlu untuk lebih mendalami komponen-komponennya pada bab selanjutnya. Sekarang anda hanya memerlukan untuk mengerti Timeline secara umum. Gambar dibawah menunjukkan timeline dari flash.

Dalam Timeline terbagi menjadi dua bagian yaitu:

1. Layer

Dalam bagian Layer berguna sebagai tempat meletakkan objek. Untuk membuat sebuah layer anda dapat dengan menggunakan cara klik icon Add Layer atau melalui Menu Insert > Timeline > Layer

2. Frame

Frame berfungsi untuk mengatur waktu dari objek ataupun animasi yang akan ditampilkan. Kecepatan frame yang dimainkan sangat berpengaruh dari framerate yang digunakan. Makin tinggi framerate maka akan makin cepat pula sebuah animasi yang akan dimainkannya.

Kecepatan framerate sebuah animasi dapat diatur dengan cara tekan Ctrl+J, kemudian memasukkan nilai framerate yang anda inginkan.

Stage

Stage adalah daerah yang berisi semua elemen gambar yang membentuk movie Flash. Kita akan selalu bekerja membuat gambar, membuat animasi, dll, di tempat ini. Pada Flash, anda dapat mengontrol seberapa besar layarnya, dan apa warnanya, melalui kotak dialog Movie Properties. Frame Frame berarti adegan, berarti satu frame pada movie anda melambangkan satu potongan adegan, yang akan menyusun keseluruhan animasi atau movie anda. Setiap frame memiliki properti, yang menentukan bagaimana frame tersebut menyusun movie. Keyframe berarti frame kunci anda dapat meletakkan obyek pada keyframe (berlambang titik hitam) Seperti contoh gambar dibawah ini:

Istilah-istilah mengenai frame :

Keyframe dengan actions, keyframe yang memiliki actions berarti keyframe tersebut akan memanggil sebuah kode yang kita tentukan dari modul yang tersedia. Beberapa diantaranya yakni, go to, play, get url, stop, tell target, if frame is loaded , dll. Pelan-pelan saja, semua istilah diatas akan dijelaskan di bagian lain.

  • Frame dengan motion tween, jenis ini akan banyak anda jumpai. Ini berarti bahwa diantara dua keyframe, Flash dapat mengambil perhitungan otomatis secara gerak dan skala tentang isi dari frame yang ada di antaranya dan akan menciptakan sekuens gerak atau animasi. Perhatikan bahwa motion tween ini hanya bisa dilakukan untuk obyek yang berupa symbol atau grup dan hanya dapat berlaku pada satu obyek setiap layer.
  • Frame dengan shape tween, berarti bahwa tweening dilakukan untuk obyek diantara dua keyframe berupa morphing dari benda yang bukan symbol atau group. Shape tween hanya berlaku untuk obyek yang telah di Break Apart, ctrl + b shortcut.
  • Frame kosong, kalau setelah sebuah keyframe terdapat rangkaian frame yang kosong, maka movie akan menampilkan image atau obyek terakhir pada keyframe sebelumnya. Hal ini dapat anda terapkan untuk membuat sebuah background yang statis dengan animasi pada layer bagian atasnya.

  • Sound Frame, pada setiap keyframe dapat anda sertakan suara/sound, dengan double klik, pilih frame properties, kemudian pilih tab sound. Sebelumnya anda telah mengimpor file sound dengan ekstensi wav. Semacam grafik akan muncul untuk melambangkan adanya sound pada frame tersebut.
  • Insert Frame, kita dapat menyelipkan rangkaian frame sekaligus dengan memilih frame tab sekaligus, katakanlah dari timeline 10 hingga 25, dari layer 1 hingga 3, kemudian setelah highlight muncul, kita klik kanan dan pilih insert frame, there you go.
  • Insert Blank Keyframe, kita menyelipkan sebuah keyframe kosong, berguna untuk menghentikan animasi pada layer tersebut. Sebagai contoh, bila anda ingin agar animasi pada suatu layar berhenti pada frame ke 25 maka anda klik kanan, dan pilih insert blank keyframe.
  • Reverse Frame, berarti membalikkan urutan frame. Sangat berguna untuk menimbulkan kesan reversi, misalnya sebuah tabel muncul perlahan dari bawah ke atas, setelah di klik anda menginginkan efek bahwa tabel tersebut perlahan kembali ke bawah. Anda tidak perlu membuat lagi motion tween yang baru cukup dengan copy frames yang mengandung sekuens muncul, paste pada tempatnya, kemudian highlight dan pilih reverse frames…done.

Symbol

Macromedia Flash membagi Symbol menjadi 3 jenis, yaitu:

  1. MovieClips, yaitu symbol yang berupa animasi dengan gerakan berulang-ulang selama tidak memiliki action stop();
  2. Button, Merupakan symbol tombol yang berfungsi untuk pemanggilan movie maupun frame tertentu.
  3. Graphic, merupakan symbol yang berupa objek diam tanpa animasi.

Untuk siswa-siswi SMK YPM 5 Sukodono kelas II Multimedia yang tidak mengikuti MID Semester atau juga nilai ujian MID Semester  yang masih kurang, diharapkan utk segera mengerjakan TUGAS dan SOAL !!! Batas waktu pengumpulan hari Senin tanggal 18 Januari 2010… Silahkan Download file dibawah ini:

Tugas Remidi+Soal Remidi Produktif 2 MM


4 Komentar »

  1. pak ifal assalamualaikum

  2. ibnu Said:

    assalamualaikum .. boleh kaih saran pak ..


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: